Senin, 20 Desember 2010

Perancangan sistem

Perancangan sistem merupakan proses berurutan yang dimulai dari tingkat yang paling umum dengan menetapkan tujuan-tujuan tertentu.
LANGKAH-LANGKAH PERANCANGAN SISTEM
1.      Evaluasi alternatif-alternatif rancangan
Perancangan sistem harus menyajikan pemecahan untuk masalah spesifik. Biasanya tidak ada satu pemecahanyang secara sempurna mengatasi masalah. Oleh karena itu aspek yang sangat penting dalam perancangan sistem adalah perhitungan dan pertimbangan berbagai alternatif-alternatif utama rancangan.
2.      Pembuatan Spesifikasi-spesifikasi Rancangan
Aturan utama dalam pembuatan spesifikasi-spesifikasi rancangan adalah  perancang harus bekerja mundur dari keluaran dan masukan. Perancang harus merancang seluruh laporan manajemen dan dokumen-dokumen keluaran pada langkah pertama dari proses.
3.      Pembuatan dan penyampaian spesifikasi rancangan sistem
Spesifikasi-spesifikasi rancangan lengkap harus  disajikan dalam bentuk proposal. Proposal rancangan terinci harus mencangkup masalh-masalah penting untuk mengimplementasikan proyek perancangan secara aktual.

Pertimbangan – pertimbangan perancangan umum

Tahap – tahap dalam pertimbangan perancangan umum:
1.      Perancangan keluaran
Pertimbangan yang paling penting dalam perancangan keluaran adalah efektifitas biaya . prinsip efektifitas biaya harus diterapkan untuk seluruh elemen dlam sistem karena investasi dalam sistem informasi sama seperti pengeluaran anggaran modal lainnya.tujuannya adalah memaksimalkan rasio manfaat terhadap biaya dan memenuhi tujuan-tujuan sistem tertentu.
2.      Perancangan database
Dtabase dalam suatu perusahaan harus dipadukan. Keterpaduan berarti menghindarkan pengumpulan dan pemeliharaan unsur-unsur data yang sama dalam lebih dari satu tempat dalam perusahaan. Pertimbangan penting lainnya adalah standarisasi, yang berarti seluruh unsur-unsur data dimasukan dalam format standar dan membuat nama jika digunakan lebih dari satu tempat.
3.      Pemrosesan data
Salah satu pertimbangan  penting dalam pemrosesan data berkaitan dengan masalah keseragaman dan keterpaduan.
4.      Masukan data
Salah satu pertimbangan yang sulit dalam perancangan sistem pemasukan data adalah akurasi.
5.      Pengendalian dan pengukuran-pengukuran keamanan


Teknik-teknik perancangan

1.      Perancangan formulir
2.      Perancangan database
3.      Paket-paket perancangan sistem
4.      Pemilihan perangkat lunak dan perangkat keras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar