Selasa, 07 Desember 2010

Sistem Informasi Terdistribusi dan Pertukaran Data Elektronik

Konsep – konsep Komputasi Terdistribusi
Konsep-konsep komputasi terdistribusi adalah jaringan antar computer yang berperan seperti sebuah computer bagi satu individu. Contoh, sebuah LAN yang terdiri dari tiga compute personal A, B, dan C.
Komputasi terdistribusi mentransformasikan banyak computer dalam satu jaringan sehingga berjalan efektif seperti halnya satu computer saja, sehingga memaksimalkan sumber daya komputasi.
Komputasi terdistribusi memiliki implikasi bagi pemrosesan akuntansi dan data lainnya. Beragam file, database, dan program dapat dicakup dari berbagai area.
Transparasi jaringan atau transfarasi lokasi (location transparency) mempunyai arti bahwa pemakai tidak mempedulikan hakekat pendistribusian dalam system. Jadi, seluruh data dan file dalam jaringan, terlepas di manapun lokasinya, akan terdapat dalam si computer pemakai.
Pertukaran informasi antara klien, server, dan program-program aplikasi dalam system terdistribusi disebut komunikasi interproses.  Komunikasi interproses dapat dilakukan baik dalam bentuk komunikasi local maupun berjarak (remote communication) misalnya dengan kabel-kabel optic-fiber atau melalui distributed shared memory

Arsitektur Pemrosesan Jaringan untuk Mendistribusikan Data
Ada tiga arsitektur computer dasar untuk mendistribusikan data dalam suatu jaringan. Ketiga arsitektur pemrosesan jaringan mencakup arsitektur terpusat, arsitektur distribuse server-pemakain (klien), dan arsitektur antar pemakai.
Pemrosesan Terpusat, Tak Terdistribusi (Nondistributed, Controlized Precessing). Dengan arsitektur pemrosesanjaringan tak terdistribusi, komunikasi antar computer dapat dilakukan, tanpa transparasi jaringan dan komunikasi interproses.
Pemrosesan Server-Klien. Dengan arsitektur pemrosesan jaringan server-klien, beragam program-program aplikasi dalam jaringan bertindak menjadi; klien atau server. Tiga kemungkinan jenis server adalah; file server, DBMS server dan, repository server. Ada empat jenis kebijakan-kebijakan database; kebijakan keamanan, kebijakan integritas, kebijakan pemicu, dan kebijakan derivasi.
Pemrosesan Antar Pemakai. Dengan pemrosesan antar pemakai, versi program aplikasi biasa dapat berjalan dengan baik di computer klien maupun computer server. Manfaatnya adalah jika diperlukan pemrosesan local di klien dan pemakai jarak jauh di server.
Pendistribusian Data dan Sumberdaya-sumberdaya Komputasi
Pendistribusian Data. Kita menggunakan istilah database terdistribusi untuk menyebutkan setiap database yang dapat diakses di seluruh jaringan dengan beberapa metode tertentu seperti remote procedure calls.
Pendistribusian CPU. Merupakan hal yang mungkin untuk mendistribusikan CPU. Artinya, secara otomatis pemakai atau aplikasi dapat menggunakan setiap prosesor dalam jaringan jika prosesor tersebut local.

PERTUKARAN DATA SECARA ELEKTRONIK (EDI)
Pertukaran Data Eletronik adalah pertukaran langsung dokumen-dokumen bisnis dari computer ke computer, seperti order pembelian dan order penjualan. Ada empat manfaat khusus; biaya akan tereduksi  dengan mengurangi penggunaan kertas, kesalahan-kesalahan diminimalkan dengan mereduksi jumlah orang yang melakukan masukan data, memungkinkan perusahaan untuk melengkapi transaksi lebih cepat, memungkinkan perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari ada kesempatan bisnis baru.
Standar-standar EDI. Standar-standar EDI dikembangkan untuk membantu pertukaran data bisnis secara elektronis di antara perusahaan-perusahaan. Di AS dan Canada standar yang digunakan adalah ANSI ( American National Standard Institute). Sedangkan di Eropa, standar yang digunakan adalah EDIFACT. Dibawah pengawasan AS, EDIFACT dikembangkan sebagai standar internasinal EDI.
Transfer Dana Elektronik (EFT)
Transfer dana elektronik merupakan kelompok besar metode-metode untuk mengirimkan pesan-pesan informasional yang secara elektronis berdampak pada perubahan ekonomi.
Sistem Besar EFT. Transfer dana secara segera dari suatu institusi keuangan ke lainnya dapat dilakukan antara bank-bank  yang memiliki keanggotaan, misalnya rekening kredit. Sebagian bank besar di AS  menggunakan stu atau lebih system slearing house untuk EFT besar. Federal Reserve System (Fedwire), Clearing House Interbank Payment System (CHIPS), atau Clearing House Automated Payment System (CHAPS).
Fedwire digunakan untuk mentransfer dana diantara anggota Federal Reserve System.
CHIPS adalah system ACH digunakan untuk transfer pembayaran Eurodollar antara institusi keuangan AS dan Non-AS.
CHAPS adalah clearing house yang berpusat di Inggris. Settlemnet dilakukan melalui Bank of England.
Pertukaran pesan-pesan umum dan pribadi (PPMEs). Beberapa system pesan secara langsung mengirimkan instruksi untuk mentransfer dana. Transfer dana pada umumnya tidak berjalan bersamaan dengan pengiriman pesan.
TELEX dan SWIFT merupakan contoh PPMEs. TELEX merupakan system sangat tua dalam pengiriman pesan bertulis ke seluruh dunia, yang kadang-kadang digunakan oleh bank-bank kecil yang tidak memiliki dan untuk membuat system yang mahal. Metode ini sangat kompleks dan waktu pemrosesannya lama. SWIFT ( Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication ).seringkali digunakan oleh bank-bank AS untuk melakukan transfer ke luar negeri. SWIFT juga dapat dihubungkan dengan Fedwire.
Tandatangan Digital
Enkripsi Data digunakan untuk menjamin keaman komunikasi elektronis. Tujuannya adalah meyakinkan bahwa data seperti nomer rekening bank, jumlah uang, dan kualitas order tidak diubah selama transmisi atau penyimpanan.
Tandatangan Digital dapat digunakan sebagai orientasi sebagai otentikasi komunikasi eletronis. Tandatangan digital berupa string bit yang  terdapat dalam dokumen elektronik. Dokumen elektronik dapar berupa file spreadsheet atau pemrosesan kata, pesan E-mail, atau transaksi EDI. String bit ini dikeluarkan oleh penandatangan, dan didasarkan pada data dokumen dan password si penandatangan.
Enskripsi kunci public dapat digunakan sebagai tandatangan digital. Enskripsi kunci public menggunakan dua kunci; kunci umum yang diketahui semua orang dan kunci pribadi yang hanya diketahui oleh yang bersangkutan.
Enskripsi dan tandatangan digital dapat digabungkan untuk membuat kerahasiaan dan otentikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar